Cari Blog Ini

Selasa, 22 Maret 2016

Resep dan cara membuat Tteokbokki



Bagi Anda yang suka menonton film atau drama Korea, pasti sudah tidak asing lagi dengan makanan yang bernama tteokbokki. Makanan dengan bahan utama kue beras yang dicampur dengan saus pedas ini memang cukup populer di Korea dan banyak dijual di kedai-kedai makanan.
Di Indonesia sendiri makanan ini mulai mendapat popularitas semenjak budaya K-Pop banyak disukai oleh kalangan remaja. Saat ini tteokbokki dan berbagai panganan khas Korea lainnya bisa Anda dapatkan dengan murah di restoran atau kedai makanan ala Korea yang mulai menjamur di kota-kota besar.
Nah, jika Anda ingin mencoba makanan khas Korea ini, Anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah. Kali ini bacaterus.com akan mengulas resep dan cara membuat tteokbokki sederhana yang tidak kalah rasanya dengan yang Anda lihat di film-film Korea.

Sejarah Tteokbokki

Tteokbokki merupakan makanan khas Korea yang sudah ada sejak dinasti Joseon. Konon pada masa itu tteokbokki tidaklah berwarna merah dan memiliki rasa pedas seperti saat ini. Saat itu orang Korea menyebutnya sebagai gungjung tteokboki dan memiliki warna coklat serta rasanya cenderung tawar.
Pada saat ini gungjung tteokbokki dibuat dari campuran tteok (kue beras), daging, sayuran, dan bumbu-bumbu lainnya. Kue beras yang digunakan juga bisanya terdiri dari 5 warna yang melambangkan negara Korea seperti putih, hitam, merah, kuning, dan biru.
Pada masa penjajahan Jepang, mulai dikenal bumbu baru yang bernama gochujang atau pasta pedas yang dibuat dari cabe. Bumbu tersebut kemudian banyak digunakan untuk pembuatan tteokbokki sehingga akhirnya warna dan rasanya menjadi seperti yang kita kenal saat ini yakni merah dan pedas.
Saat ini, tteokbokki juga mulai dibuat dengan berbagai macam variasi. Beberapa di antaranya adalah “Shanghai Topokki” yang merupakan campuran tteokbokki dengan saus tiram khas Cina, “Rabokki” yang merupakan kombinasi tteokbokki dengan ramyeon, serta “Tteok kkochi” yaitu tteokbokki yang diolah dengan cara digoreng.
Bahan-Bahan Tteokbokki

Setelah mengetahui sejarah serta asal-usulnya, sekarang mari kita mulai proses pembuatannya. Pertama-tama mari kita siapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Bahan-bahannya ini akan dibagi menjadi tiga macam yakni untuk membuat garaetteok, bumbu sausnya, serta bahan utamanya.
Bahan garaetteok:
350 gram tepung beras
120 ml air
1 sdt garam
1 sdm minyak wijen
Bahan bumbu saus:
2 sdm gochujang atau pasta cabai Korea
1 sdt cabai bubuk Korea atau bisa juga menggunakan ½ sdt cabai bubuk lokal
1 sdm gula pasir
Bahan utama:
500 gram garaetteok (jika tidak ingin membuatnya sendiri)
500 ml air
1 siung bawang bombay yang dipotong kotak-kotak
2 buah bawang daun yang dipotong besar-besar
250 gram fish cake yang dipotong-potong dengan ukuran 5cm
200 gram wortel yang dipotong dengan panjang 5cm
Cara Membuat Garaetteok
Yang akan kita buat pertama kali adalah garaetteok atau keu beras karena ini merupakan bahan utama dalam pembuatan tteokbokki. Jika malas membuatnya, maka Anda juga dapat membeli garaetteok yang sudah jadi di supermarket terdekat.
Namun jika ingin mengasah keterampilan memasak Anda, maka tidak ada salahnya untuk mencoba membuatnya sendiri. Berikut langkah-langkahnya:
Masukan tepung beras, air, dan garam ke dalam wadah alalu aduk semuanya hingga merata.
Kukus adonan tersebut selama 25 menit di atas api sedang.
Angkat adonan tersebut selagi masih panas lalu tumbuk menggunakan kayu atau mixer hingga kalis.
Selanjutnya lumuri tangan kita dengan minyak wijen.
Ambil satu kepal adonan tersebut lalu bentuk menjadi seperti silinder yang memanjang.
Potong-potong adonan berbentuk silinder tersebut sepanjang 5 cm.
Sekarang garaetteok sudah siap untuk digunakan.
Cara Membuat Tteokbokki
Setelah kue berasnya siap, sekarang mari kita lanjutkan ke cara membuat tteokbokki nya. Pertama-tama, silahkan campurkan semua bahan untuk membuat bumbu dalam satu wadah kemudian aduk aduk hingga merata. Setelah itu, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:
Masukan air ke dalam panci lalu rebus selama 15 menit atau hingga mendidih.
Setelah mendidih silahkan masukan garaetteok, bumbu saus, bawang bombay, bawang daun, fish cake, dan wortel.
Aduk-aduk semua bahan tersebut agar bumbunya meresap secara merata.
Sambil terus diaduk-aduk, rebus semua bahan tersebut hingga airnya menyusut dan kuahnya menjadi kental.
Matikan kompor lalu sajikan tteokbokki tersebut selagi masih panas.
Nah itulah resep dan langkah-langkah cara membuat tteokbokki sederhana ala Korea. Anda juga dapat mengurangi atau menambahkan berbagai macam bahan lain ke dalam resep tersebut seperti jamur, zucchini, ikan teri Korea, dan lainnya.
Tteokbokki ini dapat Anda makan secara langsung atau disajikan bersama dengan makanan khas Korea lainnya seperti kimchi dan kimbab. 




okeh, cukup segitu dulu yah.. 
sampai jumpa di postingan berikutnyaaa





resep Tteokbokki

Tidak ada komentar:

Posting Komentar